Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase A SD Kelas 1-2
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase A SD Kelas 1-2
POROSKOMPAS.ID ︱ Capaian pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Fase A (Untuk SD Kelas 1 dan kelas 2) yang dikutip dari Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.
Untuk melihat Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka secara lengkap silahkan 📥Download File Disini.
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase A
Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Indonesia ini penting untuk diketahui oleh para guru agar dapat menentukan Tujuan Pembelajaran (TP) lalu menentukan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan selanjutnya merancang Modul Ajar (MA) yang akan digunakan.
Capaian Pembelajaran merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh dari suatu mata pelajaran.
Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD.
Sedangkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) disusun sebagai panduan atau rangkaian tujuan pembelajaran bagi guru dan siswa sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran.
Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk melaksanakan capaian pembelajaran di akhir fase tersebut. Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.
Berikut ini adalah penjelasan lebih jauh mengenai Capaian Pembelajaran (CP) dan contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia Fase A (Kelas 1 – 2 SD).
Capaian Umum Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase A
- Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar, sesuai dengan tujuan, kepada teman sebaya dan orang dewasa di sekitar tentang diri dan lingkungannya.
- Peserta didik menunjukkan minat serta mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi sederhana dalam interaksi antarpribadi serta di depan banyak pendengar secara santun.
- Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam.
- Peserta didik juga mulai mampu mengungkapkan gagasannya secara lisan dan tulisan dengan sikap yang baik menggunakan kata- kata yang dikenalinya sehari-hari.
Capaian Per Elemen Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase A
Elemen Menyimak
- Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
- Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
Elemen Membaca dan Memirsa
- Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.
- Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih.
- Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
- Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
- Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
- Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
- Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi.
- Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.
Elemen Menulis
- Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.
- Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
- Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari- hari.
Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase A
Untuk mendapatkan contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia bisa sahabat poroskompas.id unduh pada tautan dibawah ini:
📥 Contoh ATP Bahasa Indonesia Fase A.1
📥 Contoh ATP Bahasa Indonesia Fase A.2
📥 Contoh ATP Bahasa Indonesia Fase A.3
📥 Contoh ATP Bahasa Indonesia Fase A.4
Demikian artikel singkat dari kami terkait Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase A SD Kelas 1-2. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini bermanfaat bagi semua sahabat poroskompas.id dimanapun berada. Terima Kasih.
Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini dan jangan lupa untuk klik Berbagi. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun poroskompas.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan dan informasi lainnya.
Sumber Referensi : Merdeka Belajar
Posting Komentar untuk "Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase A SD Kelas 1-2"