Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase F SMA Kelas 11-12
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase F SMA Kelas 11-12
POROSKOMPAS.ID ︱ Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Fase F (Untuk SMA Kelas 11-12) yang dikutip dari Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.
Untuk melihat Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka secara lengkap silahkan 📥 Download File Disini.
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase F
Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Indonesia ini penting untuk diketahui oleh para guru agar dapat menentukan Tujuan Pembelajaran (TP) lalu menentukan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan selanjutnya merancang Modul Ajar (MA) yang akan digunakan.
Capaian Pembelajaran merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh dari suatu mata pelajaran.
Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD.
Sedangkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) disusun sebagai panduan atau rangkaian tujuan pembelajaran bagi guru dan siswa sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran.
Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk melaksanakan capaian pembelajaran di akhir fase tersebut. Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.
Yuk simak, berikut ini penjelasan mengenai Capaian Pembelajaran (CP) dan contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia Fase F Kelas 11-12 SMA.
Capaian Umum Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase F
- Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, akademis, dan dunia kerja.
- Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi berbagai tipe teks tentang topik yang beragam.
- Peserta didik mampu mengkreasi gagasan dan pendapat untuk berbagai tujuan.
- Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam kegiatan berbahasa yang melibatkan banyak orang.
- Peserta didik mampu menulis berbagai teks untuk merefleksi dan mengaktualisasi diri untuk selalu berkarya dengan mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di berbagai media untuk memajukan peradaban bangsa.
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Per Elemen
Elemen Menyimak
Peserta didik mampu mengevaluasi berbagai gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari menyimak berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara; mengkreasi dan mengapresiasi gagasan dan pendapat untuk menanggapi teks yang disimak.
Elemen Membaca dan Memirsa
- Peserta didik mampu mengevaluasi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) di media cetak dan elektronik.
- Peserta didik mampu mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi.
Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
- Peserta didik mampu menyajikan gagasan, pikiran, dan kreativitas dalam berbahasa dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, sistematis, kritis, dan kreatif; mampu menyajikan karya sastra secara kreatif dan menarik.
- Peserta didik mampu mengkreasi teks sesuai dengan norma kesopanan dan budaya Indonesia.
- Peserta didik mampu menyajikan dan mempertahankan hasil penelitian, serta menyimpulkan masukan dari mitra diskusi.
Elemen Menulis
- Peserta didik mampu menulis gagasan,pikiran, pandangan, pengetahuan metakognisi untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.
- Peserta didik mampu menulis berbagai jenis karya sastra.
- Peserta didik mampu menulis teks refleksi diri.
- Peserta didik mampu menulis hasil penelitian, teks fungsional dunia kerja, dan pengembangan studi lanjut.
- Peserta didik mampu memodifikasi/ mendekonstruksikan karya sastra untuk tujuan ekonomi kreatif.
- Peserta didik mampu menerbitkan tulisan hasil karyanya di media cetak maupun digital.
Download Contoh ATP Bahasa Indonesia Fase F
Untuk mendapatkan contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia pada Fase F bisa sahabat poroskompas.id download pada tautan dibawah ini:
Demikianlah uraian singkat yang bisa kami bagikan mengenai Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase F SMA Kelas 11-12. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini bermanfaat bagi sahabat poroskompas.id dimanapun berada. Terima Kasih.
Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini dan jangan lupa untuk klik Berbagi. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun poroskompas.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan dan informasi lainnya.
Sumber Referensi : Merdeka Belajar, Kurikulum Merdeka
Posting Komentar untuk "Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase F SMA Kelas 11-12"