Kurikulum Merdeka : Capaian Pembelajaran Matematika Fase F SMA Kelas 11-12
POROSKOMPAS.ID ︱Capaian Pembelajaran Matematika Fase F - Capaian Pembelajaran Matematika Kurikulum Merdeka Fase F (Untuk SMA Kelas 11-12) yang disadur dari Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.
Untuk melihat Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka secara lengkap silahkan 📥Download File Disini.
Capaian Pembelajaran (CP) Matematika ini penting untuk diketahui oleh para guru agar dapat menentukan Tujuan Pembelajaran (TP) lalu menentukan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan selanjutnya merancang Modul Ajar (MA) yang akan digunakan.
Capaian Umum Pembelajaran Matematika Fase F
Pada akhir fase F, peserta didik dapat memodelkan pinjaman dan investasi dengan bunga majemuk dan anuitas. Adapun capaian umum pembelajaran matematika pada fase F untuk SMA kelas 11-12 adalah sebagai berikut:
- Mereka dapat menyatakan data dalam bentuk matriks, dan menentukan fungsi invers, komposisi fungsi dan transformasi fungsi untuk memodelkan situasi dunia nyata;
- Mereka dapat menerapkan teorema tentang lingkaran, dan menentukan panjang busur dan luas juring lingkaran untuk menyelesaikan masalah; dan
- Mereka juga dapat melakukan proses penyelidikan statistika untuk data bivariat dan mengevaluasi berbagai laporan berbasis statistik.
Capaian Pemebelajaran Matematika Fase F Per Elemen
Elemen Bilangan
Di akhir fase F, peserta didik dapat memodelkan pinjaman dan investasi dengan bunga majemuk dan anuitas, serta menyelidiki (secara numerik atau grafis) pengaruh masing-masing parameter (suku bunga, periode pembayaran) dalam model tersebut.
Elemen Aljabar
Di akhir fase F, peserta didik dapat menyatakan data dalam bentuk matriks. Mereka dapat menentukan fungsi invers, komposisi fungsi, dan transformasi fungsi untuk memodelkan situasi dunia nyata menggunakan fungsi yang sesuai (linear, kuadrat, eksponensial).
Elemen Geometri
Di akhir fase F, peserta didik dapat menerapkan teorema tentang lingkaran, dan menentukan panjang busur dan luas juring lingkaran untuk menyelesaikan masalah (termasuk menentukan lokasi posisi pada permukaan Bumi dan jarak antara dua tempat di Bumi).
Elemen Analisis Data dan Peluang
Di akhir fase F, peserta didik dapat melakukan proses penyelidikan statistika untuk data bivariat. Tujuan capaian pembelajaran matematika pada elemen ini adalah sebagai berikut:
- Mereka dapat mengidentifikasi dan menjelaskan asosiasi antara dua variabel kategorikal dan antara dua variabel numerikal;
- Mereka dapat memperkirakan model linear terbaik (best fit) pada data numerikal;
- Mereka dapat membedakan hubungan asosiasi dan sebab-akibat; dan
- Peserta didik memahami konsep peluang bersyarat dan kejadian yang saling bebas menggunakan konsep permutasi dan kombinasi.
Alur Tujuan Pembelajaran Matematika Fase F
📥 Contoh ATP Matematik Fase F.1
📥 Contoh ATP Matematik Fase F.2
📥 Contoh ATP Matematik Fase F.3
📥 Contoh ATP Matematik Fase F.4
Demikian pembahasan dari kami Poros Kompas mengenai Capaian Pembelajaran Matematika Fase F SMA Kelas 11-12. Semoga informasi yang kami telah sajikan dalam bentuk artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.
Posting Komentar untuk "Kurikulum Merdeka : Capaian Pembelajaran Matematika Fase F SMA Kelas 11-12"