Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase B SD Kelas 3-4
POROSKOMPAS.ID ︱ Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka Fase B (Untuk SD Kelas 3-4) yang dikutip dari Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.
Untuk melihat Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka secara lengkap silahkan š„ Download File Disini.
Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase B
Capaian Pembelajaran (CP) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti sangatlah penting untuk diketahui oleh para guru agar dapat menentukan Tujuan Pembelajaran (TP) lalu menentukan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan selanjutnya merancang Modul Ajar (MA) yang akan digunakan.
Capaian Pembelajaran merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh dari suatu mata pelajaran.
Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD.
Sedangkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) disusun sebagai panduan atau rangkaian tujuan pembelajaran bagi guru dan siswa sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran.
Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk melaksanakan capaian pembelajaran di akhir fase tersebut. Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.
Yuk simak, berikut ini penjelasan mengenai Capaian Pembelajaran (CP) dan contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PAI dan Budi Pekerti Fase B Kelas 3-4 SD.
Capaian Umum Pebelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase B
- Fase B (Umumnya untuk kelas III dan IV SD/MI/Program Paket A)Pada akhir Fase B, pada elemen Al-Qur’an Hadis peserta didik mampu membaca surah-surah pendek atau ayat Al-Qur’an dan menjelaskan pesan pokoknya dengan baik.
- Peserta didik mengenal hadis tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
- Pada elemen akidah peserta didik memahami sifat-sifat bagi Allah, beberapa asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah, para nabi dan rasul Allah yang wajib diimani.
- Pada elemen akhlak, peserta didik menghormati dan berbakti kepada orang tua dan guru, dan menyampaikan ungkapan-ungkapan positif (kalimah į¹«ayyibah) dalam keseharian.
- Peserta didik memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah Swt. (sunnatullÄh).
- Peserta didik mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas, percaya diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami pentingnya musyawarah untuk mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan.
- Pada elemen fiqih, peserta didik dapat melaksanakan puasa, salat jumat dan salat sunah dengan baik, memahami konsep balig dan tanggung jawab yang menyertainya (taklīf).
- Dalam pemahamannya tentang sejarah, peserta didik mampu menceritakan kondisi Arab pra Islam, masa kanak-kanak dan remaja Nabi Muhammad SAW hingga diutus menjadi rasul, berdakwah, hijrah dan membangun Kota Madinah.
Capaian Pembelajaran Per Elemen
Elemen Al-Qur’an dan Hadis
- Peserta didik mampu membaca surah-surah pendek atau ayat Al-Qur’an dan menjelaskan pesan pokoknya dengan baik.
- Peserta didik mengenal hadits tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Elemen Akidah
Peserta didik memahami sifat-sifat bagi Allah, beberapa asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah, para nabi dan rasul Allah yang wajib diimani.
Elemen Akhlak
- Pada elemen akhlak, peserta didik menghormati dan berbakti kepada orang tua dan guru, dan menyampaikan ungkapan-ungkapan positif (kalimah į¹«ayyibah) dalam keseharian.
- Peserta didik memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah Swt. (sunnatullÄh).
- Peserta didik mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas, percaya diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami pentingnya musyawarah untuk mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan.
Elemen Fiqih
Pada elemen fiqih, peserta didik dapat melaksanakan puasa, salat jumat dan salat sunah dengan baik, memahami konsep balig dan tanggung jawab yang menyertainya (taklīf).
Elemen Sejarah Peradaban Islam
Dalam pemahamannya tentang sejarah, peserta didik mampu menceritakan kondisi Arab pra Islam, masa kanak-kanak dan remaja Nabi Muhammad SAW hingga diutus menjadi rasul, berdakwah, hijrah dan membangun Kota Madinah.
Unduh Contoh ATP PAI dan Budi Pekerti Fase B
Untuk mendapatkan contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti pada Fase B bisa sahabat poroskompas.id unduh pada link dibawah ini:
Demikianlah uraian singkat yang bisa kami bagikan mengenai Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase B SD Kelas 3-4. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini bermanfaat bagi sahabat poroskompas.id dimanapun berada. Terima Kasih.
Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini dan jangan lupa untuk klik Berbagi. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun poroskompas.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan dan informasi lainnya.
Sumber Referensi : Merdeka Belajar, Kurikulum Merdeka
Posting Komentar untuk "Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase B SD Kelas 3-4"