Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase C SD Kelas 5-6
POROSKOMPAS.ID ︱ Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka Fase C (Untuk SD Kelas 5-6) yang dikutip dari Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.
Untuk melihat Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka secara lengkap silahkan 📥 Download File Disini.
Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase C
Capaian Pembelajaran (CP) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti sangatlah penting untuk diketahui oleh para guru agar dapat menentukan Tujuan Pembelajaran (TP) lalu menentukan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan selanjutnya merancang Modul Ajar (MA) yang akan digunakan.
Capaian Pembelajaran merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh dari suatu mata pelajaran.
Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD.
Sedangkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) disusun sebagai panduan atau rangkaian tujuan pembelajaran bagi guru dan siswa sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran.
Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk melaksanakan capaian pembelajaran di akhir fase tersebut. Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.
Yuk simak, berikut ini penjelasan mengenai Capaian Pembelajaran (CP) dan contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PAI dan Budi Pekerti Fase C (Kelas 5-6 SD).
Capaian Umum Pebelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase C
- Pada akhir Fase C, pada elemen Al-Qur’an Hadis peserta didik mampu membaca, menghafal, menulis, dan memahami pesan pokok surah-surah pendek dan ayat Al-Qur’an tentang keragaman dengan baik dan benar.
- Pada elemen akidah, peserta didik dapat mengenal Allah melalui asmaulhusna, memahami keniscayaan peritiwa hari akhir, qadāʾ dan qadr.
- Pada elemen akhlak, peserta didik mengenal dialog antar agama dan kepercayaan dan menyadari peluang dan tantangan yang bisa muncul dari keragaman di Indonesia.
- Peserta didik memahami arti ideologi secara sederhana dan pandangan hidup dan memahami pentingnya menjaga kesatuan atas keberagaman.
- Peserta didik juga memahami pentingnya introspeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya.
- Peserta didik memahami pentingnya pendapat yang logis, menerima perbedaan pendapat, dan menemukan titik kesamaan (kalimah sawā’) untuk mewujudkan persatuan dan kerukunan.
- Peserta didik memahami peran manusia sebagai khalifah Allah di bumi untuk menebarkan kasih sayang dan tidak membuat kerusakan di muka bumi.
- Pada elemen fiqih, peserta didik mampu memahami zakat, infak, sedekah dan hadiah, memahami ketentuan haji, halal dan haram serta mempraktikkan puasa sunnah.
- Pada elemen sejarah, peserta didik menghayati ibrah dari kisah Nabi Muhammad SAW. di masa separuh akhir kerasulannya serta kisah al-khulafā al-rāsyidūn.
Capaian Pembelajaran Per Elemen
Elemen Al-Qur’an dan Hadist
Peserta didik mampu membaca, menghafal, menulis, dan memahami pesan pokok surah-surah pendek dan ayat Al-Qur’an tentang keragaman dengan baik dan benar.
Elemen Akidah
Peserta didik dapat mengenal Allah melalui asmaulhusna, memahami keniscayaan peritiwa hari akhir, qadāʾ dan qadr.
Elemen Akhlak
- Peserta didik mengenal dialog antar agama dan kepercayaan dan menyadari peluang dan tantangan yang bisa muncul dari keragaman di Indonesia.
- Peserta didik memahami arti ideologi secara sederhana dan pandangan hidup dan memahami pentingnya menjaga kesatuan atas keberagaman.
- Peserta didik juga memahami pentingnya introspeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya.
- Peserta didik memahami pentingnya pendapat yang logis, menerima perbedaan pendapat, dan menemukan titik kesamaan (kalimah sawāʾ) untuk mewujudkan persatuan dan kerukunan.
- Peserta didik memahami peran manusia sebagai khalifah Allah di bumi untuk menebarkan kasih sayang dan tidak membuat kerusakan di muka bumi.
Elemen Fiqih
Pada elemen fiqih, peserta didik mampu memahami zakat, infak, sedekah dan hadiah, memahami ketentuan haji, halal dan haram serta mempraktikkan puasa sunnah.
Elemen Sejarah Peradaban Islam
Pada elemen sejarah, peserta didik menghayati ibrah dari kisah Nabi Muhammad SAW. di masa separuh akhir kerasulannya serta kisah al-khulafā al-rāsyidūn.
Unduh Contoh ATP PAI dan Budi Pekerti Fase C
Untuk mendapatkan contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti pada Fase B bisa sahabat poroskompas.id unduh pada link dibawah ini:
Demikianlah uraian singkat yang bisa kami bagikan mengenai Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase C SD Kelas 5-6. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini bermanfaat bagi sahabat poroskompas.id dimanapun berada. Terima Kasih.
Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini dan jangan lupa untuk klik Berbagi. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun poroskompas.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan dan informasi lainnya.
Sumber Referensi : Merdeka Belajar, Kurikulum Merdeka
Posting Komentar untuk "Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Fase C SD Kelas 5-6"